Ketua LPM, Dr. Aan Sopian, M.Ag membuka acara rapat tim APT

IAIN Bengkulu – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menyelenggarakan rapat koordinasi kerja tim borang akreditasi perguruan tinggi (APT) IAIN Bengkulu pada Selasa, 18 Juni 2016.

Pertemuan ini dibuka langsung Dr. Aan Sopian, M.Ag selaku oleh Ketua LPM. Aan menekankan pembicaraan bahwa akhir Oktober atau paling lambat pertengahan November, 9 kriteria yang disyaratkan oleh Dikti harus sudah di-upload. Ini merupakan tugas yang tidak mudah. Karena itu,  ia terus memberikan suntikan semangat, “APT ini masuk dalam kategori jihad akademik, Insya Allah keringat serta kerja keras kita bernilai ibadah di sisi Allah SWT.”

Akreditasi IAIN Bengkulu meraih peringkat “B” untuk masa berlaku 2015-2020. Sejak Oktober 2018, Dikti menambahkan syarat akreditasi menjadi 9 kriteria. Kriteria tersebut merupakan turunan dari Tridharma Universitas. Terdiri dari: 1) visi, misi, tujuan dan sasaran; 2) tata pamong dan kerjasama; 3) mahasiswa; 4) sumber daya manusia; 5) keuangan, sarana dan prasarana; 6) pendidikan; 7) penelitian; 8) pengabdian kepada masyarakat; dan 9) luaran dan capaian.

Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag, MH, selaku Rektor IAIN Bengkulu,  menyampaikan berbagai arahan terkait persiapan. Arahan ditujukan kepada 9 tim untuk 9 kriteria yang terdiri atas dosen dan karyawan. Setiap poin borang memiliki 8 anggota dan 1 koordinator. Sirajuddin mengingatkan “APT ini pertahuran yang besar untuk menumbuhkan dan mempertahankan kepercayaan masyarakat. Kalau kinerja kita buruk, orang gak mau lagi memasukkan anaknya di kampus ini.” Ia banyak memberi masukan seputar poin-poin yang dianggap kritis, seperti luaran dan capaian. ISN/2106/19